Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Agar Terhindar dari Gangguan Begal, Biidznillah!

Islam agama syamil (menyeluruh) dan kamil (sempurna). Segala fasilitas hajat (kebutuhan) manusia sudah diajarkan Allah dan Rasul-Nya, salah satunya fasilitas doa. Karena sifatnya yang menyeluruh dan lengkap, Islam mengajarkan aneka doa untuk setiap aktivitas dan kondisi, mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi.

Karena doa itu adalah ibadah, bahkan inti ibadah, tentu dalam melaksanakannya harus memenuhi syarat tertentu. Syarat-syarat ini mesti terpenuhi supaya doa yang kita panjatkan bernilai IBADAH, selain pengabulannya pun kita harapkan.

Syarat-syarat berdoa itu antara lain :
  • Ikhlas, semata mengharapkan keridhoan Allah Ta'ala.
  • Ittiba', hanya mencontoh apa yang dicontohkan Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam, baik cara maupun redaksinya (lebih utama)
  • Dilakukan dengan penuh HARAP dan TAKUT. Harap, terkabulnya doa, dan takut Allah menolak doa kita.
  • Penuh kerendahan diri, merasa diri lemah di hadapan Allah Ta'ala.
Doa Agar Terhindar dari Gangguan Begal

Nah, ini salah satu contoh doa yang diajarkan Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam, yaitu doa agar terhindar dari bahaya, salah satunya ancaman kejahatan begal. Doa ini secara umum untuk perlindungan terhadap apapun yang membahayakan diri kita atas izin Allah SWT.

Doanya adalah :


بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Bismillaahil ladzi laa yadhurru ma’asmihi syai–un fil ardhi wa laa fis samaa–i wa huwas saami’ul ‘aliim.
Artinya :
Dengan nama Allah, tidak ada yang mampu membahayakan sesuatu di bumi dan langit. Dan Dia adalah Dzat Yang Maha Mendengar dan Maha Mengetahui.
Bagaimana cara membacanya?
Doa ini tercantum dalam dzikir pagi dan petang, ataupun dzikir Al-Ma'tsurat, dibaca sebanyak 3 kali setiap pagi (bakda shubuh) dan petang (bakda ashar).

Doa menolak bahaya ini diajarkan Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam, berdasarkan hadits yang diriwayatkan Imam At-Tirmidzi rahimalloh, dari Sayidina Utsman ibn Affan, dia berkata :


مَنْ قَالَ بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ لَمْ يُضُرَّهُ شَيْءٌ.


Artinya :
"Barangsiapa yang mengucapkan “Bismillaahil ladzi laa yadhurru ma’asmihi syai–un fil ardhi wa laa fis samaa–i wa huwas saamii’ul ‘aliim” (Dengan Nama Allah tidak ada yang mampu membahayakan sesuatu di bumi dan langit. Dia adalah Dzat Yang Maha Mendengar dan Maha Mengetahui) tiga kali maka tidak akan ada yang mampu membahayakannya".

Sebagai ikhtiar melindungi diri dari segala sesuatu yang membahayakan, sebaiknya kita mendawamkan membaca doa di atas 3 kali setiap pagi dan petang. Mudah-mudahan Allah Ta'ala melindungi kita semua dari aneka marabahaya. Aamiin.

(Sumber lafadz doa, DI SINI)