Inilah 7 Cara Melupakan Mantan Pacar

Terutama remaja, ada yang pernah melakukan pacaran, ada yang masih, dan ada yang sudah memiliki mantan. Setelah mengkaji ilmu, mendengar kajian, barulah mengetahui hukum pacaran dalam Islam. Pacaran itu seyogyanya memang praktek zina, yang terlarang dalam agama.

Beberapa dalil  yang berkaitan dengan keharaman pacaran/zina


1. QS Al-Israa ayat 32

وَلا تَقْرَبُوا الزِّنَا إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلا (٣٢
)
Dan janganlah kamu meminta zina; Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. dan suatu jalan yang buruk. " (QS. Al-Israa: 32)


2. QS An-Nuur ayat 30

قُلْ لِلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ ۚ ذَٰلِكَ أَزْكَىٰ لَهُُ َّ َ َّ َّ َّ َّ 

Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka memegang pandanganya, dan peganglah kebebasannya; Yang demikian itu lebih suci bagi mereka, Sesungguhnya Allah Maha Tahu apa yang mereka perbuat. ” (QS. An-Nur: 30)

3. QS An-Nur ayat 31

وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ

Katakanlah kepada wanita yang beriman:“ Hendaklah mereka memegang pandangannya, dan pembunuhannya… ” (QS. An-Nur: 31)

4. Hadits Bukhari dan Muslim

لاَ يَخْلُوَنَّ رَجُلٌ بِامْرَأَةٍ إِلاَّ وَمَعَهَا ذُو مَحْرَم

Dilarang keras! laki-laki dan perempuan tunggalan tanpa mahram . " (HR. Al-Bukhari no. 5233 dan Muslim no. 1341)

5. Hadits Shahih Jami


لأن يطعن في رأس أحدكم بمخيط من حديد خير له من أن يمس امرأة لا تحل له

"Seorang pria yang ditusuk dengan jarum besi, itu lebih baik dari wanita yang bukan mahramnya." (Shahih Al-Jami 'no. 5045)

Bagaimana cara melupakan mantan pacar dan tidak mengulangi pacaran?


Pertama yang harus dilakukan adalah meluruskan pemikiran bahwa Orang Mukmin Harus Benci Kembali pada Maksiat yang Pernah Dilakukan. Ini adalah awal dari proses taubat dan kembali ke jalan hidayah.

Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam bersabda;

ثَلاَثٌ مَنْ كُنَّ فِيهِ وَجَدَ حَلاَوَةَ الإِيمَانِ مَنْ كَانَ اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَحَبَّ إِلَيْهِ مِمَّا سِوَاهُمَا ، وَمَنْ أَحَبَّ عَبْدًا لاَ يُحِبُّهُ إِلاَّ لِلَّهِ ، وَمَنْ يَكْرَهُ أَنْ يَعُودَ فِى الْكُفْرِ بَعْدَ إِذْ أَنْقَذَهُ اللَّهُ ، كَمَا يَكْرَهُ أَنْ يُلْقَى فِى النَّارِ

Tiga perkara yang bisa seseorang memilikinya maka ia akan merasakan manisnya iman, yaitu: (1) Allah dan Rasul-Nya lebih ia cintai dari selain keduanya, (2) Ia mencintai saudaranya hanyalah karena Allah, (3) ia benci kembali pada kekufuran setelah Allah menyelamatkan darinya sebagaimana ia tidak suka jika dilemparkan dalam api.” (HR. Bukhari no. 21 dan Muslim no. 43).

Jika Anda pernah pacaran, dan ingin melupakan mantan pacar, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Semoga Allah memudahkan.

1. Isilah hari-harimu dengan taubat dan sesali terus maksiat yang dulu pernah dilakukan. Kalau serius bertaubat, bertaubat berarti tidak boleh pacaran lagi.

2. Sibukkan diri dengan kebaikan dan hal yang manfaat. Karena kata Ibnul Qayyim, “Siapa yang tidak menyibukkan diri dengan hal yang manfaat pasti ia akan menyibukkan diri dengan hal-hal yang sia-sia.”

3. Hijrah dari lingkungan yang dulu pernah bermaksiat.

4. Jauhi pergaulan dengan orang-orang yang biasa pacaran.

5. Kalau masih mengingat mantan pacar, berusaha mengalihkan pikiran atau bayangkan saja sifat-sifat jeleknya sehingga bisa melupakannya.

6. Hindari bergaul dengan lawan jenis kecuali dalam keadaan perlu.

7. Bertekad serius menikah dan tidak mau pacaran lagi. Cukup ta’aruf dan mengenal pasangan dengan jalan yang benar.

Referensi :
1. https://bimbinganislam.com/hukum-pacaran-dalam-islam/
2. https://www.remajaislam.com
Deni Kurnia
Deni Kurnia Seorang Pembelajar, tak Lebih