Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Makna AYAT dalam Al Quran

AYAT-AYAT Al Qur'an adalah bukti dan dalil atas penetapan banyak hakikat, seperti keesaan Allah SWT. Ia juga mengandung banyak hikmah dan nasihat yang bermanfaat. Di sisi lain, ia merupakan mukjizat yang menguatkan kebenaran kenabian Rasulullah SAW serta mendeklarasikan bahwa Al Qur'an benar-benar firman Allah SWT.


Sebagaimana ia juga merupakan bangunan yang sangat tinggi dalam pemilihan dan susunan huruf setiap katanya  serta dalam susunan kata-kata pada teksnya. Ia bersama dengan ayat-ayat lainnya di dalam sebuah surah adalah batu bata yang menjadi elemen surah tersebut.

Secara etimologi, kata AYAT memiliki banyak makna, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Tanda dan bukti.
Ayat berarti tanda/ bukti, sebagaimana firman Allah SWT:

وَمِنْ ءَايٰتِهِۦٓ أَنْ خَلَقَكُمْ مِّنْ تُرَابٍ ثُمَّ إِذَآ أَنْتُمْ بَشَرٌ تَنْتَشِرُونَ

"Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan kamu dari tanah, kemudian tiba-tiba kamu (menjadi) manusia yang berkembang biak."
(QS. Ar-Rum 30: Ayat 20)

2. Pelajaran
Ayat berarti pelajaran, sebagaimana firman Allah SWT:

إِنَّ فِى ذٰلِكَ لَءَايَةً لِّمَنْ خَافَ عَذَابَ الْأَاخِرَةِ  ۚ ذٰلِكَ يَوْمٌ مَّجْمُوعٌ لَّهُ النَّاسُ وَذٰلِكَ يَوْمٌ مَّشْهُودٌ

"Sesungguhnya pada yang demikian itu pasti terdapat pelajaran bagi orang-orang yang takut kepada azab akhirat. Itulah hari ketika semua manusia dikumpulkan (untuk dihisab), dan itulah hari yang disaksikan (oleh semua makhluk)."
(QS. Hud 11: Ayat 103)

3. Mukjizat 
Ayat berarti mukjizat sebagaimana firman Allah SWT:

وَلَقَدْ ءَاتَيْنَا مُوسٰى تِسْعَ ءَايٰتٍۢ بَيِّنٰتٍ  ۖ فَسْئَلْ بَنِىٓ إِسْرٰٓءِيلَ إِذْ جَآءَهُمْ فَقَالَ لَهُۥ فِرْعَوْنُ إِنِّى لَأَظُنُّكَ يٰمُوسٰى مَسْحُورًا

"Dan sungguh, Kami telah memberikan kepada Musa sembilan mukjizat yang nyata, maka tanyakanlah kepada Bani Israil, ketika Musa datang kepada mereka lalu Fir'aun berkata kepadanya, Wahai Musa! Sesungguhnya aku benar-benar menduga engkau terkena sihir."
(QS. Al-Isra' 17: Ayat 101)

4. Bangunan yang tinggi menjulang.
Pengertian ini sebagaimana firman Allah SWT :

أَتَبْنُونَ بِكُلِّ رِيعٍ ءَايَةً تَعْبَثُونَ

"Apakah kamu mendirikan istana-istana pada setiap tanah yang tinggi untuk kemegahan tanpa ditempati,"
(QS. Asy-Syu'ara' 26: Ayat 128)

Susunan Ayat-ayat dalam Al Qur'an

Az-Zarqani mengatakan bahwa ijmak ulama telah sepakat  bahwasanya susunan ayat-ayat Al Qur'an seperti urutan yang kita lihat di mushaf ssekarang ini adalah berdasarkan petunjuk Rasulullah SAW yang diterima langsung dari Allah SWT.

Jadi, tidak ada ruang untuk akal dan ijtihad dalam penyusunan itu. Namun, malaikat Jibril-lah yang menjadi perantara turunnya ayat kepad Rasulullah SAW, dan dia pula yang menunjukkan kepad beliau tempat setiap ayat di dalam sebuah surah.

Selanjutnya, Rasulullah SAW membacakannya kepada para sahabat, dan memerintahkan para penulis wahyu untuk menulis ayat tersebut  dengan menentukan surah yang menjadi tempat ayat yang dimaksud, dan menentukan pula posisi ayat di dalam surah itu.

Jumlah Ayat Al Qur'an

Ada perbedaan pendapat mengenai jumlah ayat dalam Al Qur'an. Sebagian mengatakan jumlahnya 2600 ayat, 2634 ayat, 2636 ayat, dan yang lainnya lebih dari itu, yaitu 6236 dan 6666 ayat.

Hal yang perlu ditekankan adalah bahwa perbedaan pendapat ini sama sekali tidak bersentuhan dengan hakikat Al Qur'an. Sebab, Al Qur'an yang dibaca dan ditulis di dalam mushaf tetap satu di mata ulama seluruh dunia, bahkan mulai dari dahulu hingga saat ini, tidak kurang satu kata bahkan satu huruf pun di suatu tempat dan masa. Namun puncak perbedaan yang terjadi di antara mereka adalah dalam perhitungan dan pembagian isi Al Qur'an kepada banyak ayat.

Kesesuaian Ayat-ayat Al Qur'an

Sesungguhnya ayat-ayat Al Qur'an memiliki hubungan yang kuat antara satu dengan yang lainnya. Hal tersebut termasuk fenomena mukjizat Al Qur'an. Hubungan antara ayat-ayat yang terdapat dalam satu surah tampak seperti keterikatan sebuah mata rantai yang diikat dengan ikatan yang indah.

Demikian paparan singkat mengenai bermacam makna dari AYAT yang disertai penjelasan jumlah dan kesesuaian di antara ayat-ayat Al Qur"an. Pengetahuan ini tidak lain tujuannya adalah agar kita semakin berkeinginan menerapkan isi Al Qur'an dalam kehidupan kita. Semoga bermanfaat.