Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ancaman Keras terhadap Wanita yang Memamerkan Auratnya

RASULULLAH SAW bersabda:

«صِنْفَانِ مِنْ أَهْلِ النَّارِ لَمْ أَرَهُمَا قَوْمٌ مَعَهُمْ سِيَاطٌ كَأَذْنَابِ الْبَقَرِ يَضْرِبُونَ بِهَا النَّاسَ وَنِسَاءٌ كَاسِيَاتٌ عَارِيَاتٌ مُمِيلاَتٌ مَائِلاَتٌ رُءُوسُهُنَّ كَأَسْنِمَةِ الْبُخْتِ الْمَائِلَةِ لاَ يَدْخُلْنَ الْجَنَّةَ وَلاَ يَجِدْنَ رِيحَهَا وَإِنَّ رِيحَهَا لَيُوجَدُ مِنْ مَسِيرَةِ كَذَا وَكَذَا»

Ada dua golongan manusia yang menjadi penghuni neraka, yang sebelumnya tidak pernah aku lihat. Mereka adalah sekelompok orang yang memiliki cambuk seperti ekor sapi yang digunakan untuk menyakiti umat manusia serta wanita yang membuka auratnya, berpakaian tipis merangsang, berlenggak-lenggok dan bergaya; kepalanya digelung seperti punuk unta. Mereka tidak akan dapat masuk surga dan mencium baunya. Padahal bau surga dapat tercium dari jarak sekian dan sekian (HR Muslim).
Mengomentari hadis ini, Imam an-Nawawi berkata:

Hadis ini termasuk salah satu mukjizat kenabian. Sungguh, akan muncul kedua golongan itu. Hadis ini membincangkan celaan kepada dua golongan tersebut. Sebagian ulama berpendapat, bahwa maksud dari hadis ini adalah kaum wanita yang ingkar terhadap nikmat dan tidak pernah bersyukur atas karunia Allah. Ulama lain berpendapat bahwa mereka adalah kaum wanita yang menutup sebagian tubuhnya dan menyingkap sebagian tubuhnya yang lain, untuk menampakkan kecantikannya atau karena tujuan yang lain. Sebagian ulama lain berpendapat mereka adalah wanita yang mengenakan pakaian tipis yang menampakkan warna kulitnya (transparan). Kepala mereka digelung dengan kain kerudung, sorban, atau yang lainnya hingga tampak besar seperti punuk unta. (Imam an-Nawawi, Syarh Shahih Muslim, hadis no. 3971).

Abu Hurairah ra. juga menuturkan hadis senada dengan redaksi yang berbeda:

«صِنْفَانِ مِنْ أَهْلِ النَّارِ لاَ أَرَاهُمَا بَعْدُ نِسَاءٌ كَاسِيَاتٌ عَارِيَاتٌ مَائِلاَتٌ مُمِيلاَتٌ عَلَى رُءُوسِهِنَّ مِثْلُ أَسْنِمَةِ الْبُخْتِ الْمَائِلَةِ لاَ يَرِيْنَ الْجَنَّةَ وَلاَ يَجِدْنَ رِيحَهَا وَرِجَالٌ مَعَهُمْ أَسْوَاطٌ كَأَذْنَابِ الْبَقَرِ يَضْرِبُونَ بِهَا النَّاسَ»

Ada dua golongan penghuni neraka, aku tidak pernah melihat keduanya sebelumnya. Mereka adalah: para wanita yang telanjang, berpakaian tipis, berlenggak-lenggok dan kepalanya digelung seperti punuk unta. Mereka tidak akan masuk surga dan mencium baunya; laki-laki yang memiliki cambuk seperti ekor sapi, yang ia gunakan untuk mencambuk manusia (HR Ahmad).

Hadis-hadis di atas merupakan ancaman yang sangat keras bagi wanita yang menampakkan sebagian atau keseluruhan auratnya, berbusana tipis dan berlenggak-lenggok atau melakukan gerakan-gerakan erotis dan merangsang (melakukan pornoaksi).  

Artikel #JilbabSERIES bersama Ustadz Arief B. Iskandar
(Khadim Majelis An-Nahdhah al-Islamiyah).
Deni Kurnia
Deni Kurnia Guru, Blogger, dan Seorang Pembelajar