Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tetap Produktif Selama Work From Home (WFH)

Ada sebuah guyonan di WAG (WhatsApp Group) tentang Corona;

Suatu hari nanti...
Aku akan bercerita sama cucu-cucu dan cicit-cicitku...
Bahwa  dulu.. sekitar tahun 2020 pernah ada wabah penyakit yang disebabkan oleh virus corona yang melanda di seluruh dunia. 
Buanyak sekali yang meninggal....
Kakek dan Nenekmu ini... jelek-jelek gini ikut berjuang melawan virus tersebut..💪

Dengan takjub cucu berkata : ...."wah hebat kakek....terus bagaimana cara kakek dan nenek berjuang saat itu?"
Kujawab:

 "Cicing di imah.."😀😀 (diam di rumah)


Dalam kondisi wabah melanda, pilihan terbaik adalah diam di rumah. Upaya ini untuk memutus mata rantai penyebaran virus yang terjadi akibat adanya interaksi. Sebagaimana para mufti memberikan fatwa tentang ibadah di rumah dan bekerja pun dari rumah.

Tapi apakah opsi diam di rumah itu gampang? Komentar salah seorang rekan menanggapi tulisan di atas, masih di grup yang sama berbunyi;
Kedengarannya cicing diimah sepele dan gampang tp menurutku berat maaf aku tdk lebay tapi fakta.
Lamanya waktu untuk diam di rumah, akan menimbulkan rasa tersendiri, yaitu BOSAN. Ini manusiawi. Pegawai negeri yang tiap hari bekerja, akan merindukan LIBUR. Namun jika liburnya kelamaan, akan bosan juga. 

Di tengah kebosanan yang melanda, sebenarnya kita bisa mengerjakan pekerjaan-pekerjaan lain yang selain "membunuh" rasa bosan, juga bernilai guna lebih. Ada beberapa saran kegiatan yang bisa dikerjakan di rumah, dengan tetap sesuai protokoler pencegahan virus Corona, antara lain:

1. Menulis 
Bisa menulis karya ilmiah, cerpen, novel, ataupun menulis di BLOG. Yang terakhir ini, bagi saya, yang paling menyenangkan. Selama WFH (Work from Home) ini, selain menuntaskan kewajiban pekerjaan utama, saya fokuskan untuk menulis dan mengembangkan blog.

2. Membaca
Bisa membaca buku, koran, dan Al Qur'an. Untuk yang terakhir ini harus lebih difokuskan. Kalau bisa ditarget, satu hari menamatkan satu juz. Apalagi sebentar lagi menghadapi bulan Ramadhan. Hafalan Al Qur'an pun sedikit-sedikit tambah, mumpung LIBUR.

3. Bertani

Ini juga menyenangkan, apalagi dilakukan bersama istri tercinta. Tak usah bertani itu dalam lingkup luas, mulai saja dulu dari lahan kecil dengan menanam jahe, kunyit, ubi, dan lain-lain.

4. Berjualan

Ini bisa dilakukan secara online. Dalam suasana sering diam di rumah, frekuensi orang dalam memegang HP lebih tinggi. Maka bagi penjual online ini kesempatan emas untuk menggencarkan promosi. Sepertinya barang dagangan terlaris saat ini adalah masker dan disinfectan.

5. Mengurus rumah 
Terkadang ketika situasi bekerja normal, mengurus rumah itu terlupakan atau tak ada waktu untuk mengerjakannya. Alasan lainnya, cape pulang kerja. Saat inilah waktu yang tepat untuk bersih-bersih dan merapikan rumah.

Nah, itu tadi sedikit ide untuk mengisi masa isolasi dan Work from Home, agar tetap produktif. Semoga bermanfaat!😀
Deni Kurnia
Deni Kurnia Guru, Blogger, dan Seorang Pembelajar