Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Contoh Kaligrafi Lafadz Basmalah Unik dan Kreatif

Seni kaligrafi seakan tak kehabisan ide dan kreativitas. Berbagai teknik untuk membuatnya, bermunculan. Makin pesat perkembangan teknologi digital, sepertinya tak menggerus seni kaligrafi buatan tangan. Bahkan bagi sebagian kalligrafer (sebutan pegiat kaligrafi), justru ide bermunculan dari ranah digital.

Kaligrafi sendiri memiliki sejarah yang panjang. Mulai dari asal mula nama kaligrafi, maupun hubungannya dengan sejarah peradaban Islam. Mengenai asal mula nama kaligrafi, pil-tei.com menuliskannya sebagai berikut :

Ungkapan kaligrafi diambil dari kata Latin ”kalios” yang berarti indah dan, ”graph” yang berarti tulisan atau aksara. Arti seutuhnya kata kaligrafi adalah : kepandaian menulis indah, atau tulisan yang indah. Bahasa Arab sendiri menyebut khat yang berarti garis atau tulisan indah.

Ungkapan kaligrafi (Calligraphy), secara etimolgis berasal dari bahasa Yunani yaitu Kalios yang berarti indah dan graphia yang berarti coretan atau tulisan, dan disebutlah dengan tulisan indah. Kaligrafi ditemukan pertama kali di Mesir. Kemudian kaligrafi tersebar ke Asia, Eropa, dan telah mengalami perubahan. Akar kaligrafi Arab (kaligrafi Islam) adalah tulisan hieroglif Mesir (Kanaan, Semit) lalu, terpecah menjadi khat Feniqi (Fenisia) yang terpecah lagi menjadi Arami (Aram) dan Musnad (kitab yang memuat segala macam hadits).

Contoh Kaligrafi Lafadz Basmalah


Lafadz basmalah, yang berbunyi " Bismillahirrahmanirrahim" memiliki arti " dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih Maha Penyayang", merupakan lafadz yang agung. Lafadz ini menjadi pintu keberkahan suatu amal jika memulainya dengan mmembaca lafadz ini.

Berikut ini saya tampilkan beberapa contoh kaligrafi lafadz Basmalah yang unik dan kreatif, yang semua gambar saya ambil DI SINI.

Contoh 1 

Tulisan basmalah dengan latar merah maroon dan tulisan bergenre tsulus berwarna putih gradasi, menambah ketegasan dan keanggunan lafadz ini.

Contoh 2
Jenis yang sama dengan contoh 1, walau dengan latar dan warna tulisan yang berbeda. Cocok dibuat untuk disimpan di sudut ruangan rumah ataupun kantor.

Contoh 3
Model tulisan kaligrafi jenis ketiga ini masih tsulus, namun latar belakang yang bergenre kontemporer dengan aneka gradasi warna. Apalagi ada penambahan wara emas, kian menambah aksen kaligrafi.

Contoh 4
 Model kaligrafi di contoh yang keempat ini, lebih kompleks dengan latar kreatif dan kekinian. Termasuk penempatan tulisan, paduan ukuran yang menambah keindahan.

Contoh 5
 Pada contoh kelima ini, walaupun warnanya minimalis, namun variasi tulisan lafadz basmalah yang kreatif, menjadikannya keindahan tersendiri.

Contoh 6

Hampir sama dengan contoh yang kelima di atas, contoh keenam pun terkesan minimalis. Namun tulisan kaligrafi yang sedikit "menyimpang" dari kaidah tsulus, membuat lafadz ini indah dan elegan.

Contoh 7
Pada contoh kaligrafi ketujuh ini, bisa dikatakan masih bersifat sketsa. Namun jika dikatakan hasil jadipun bisa. Justru dengan minimnya warna, ada keindahan tersendiri pada tulisan ini.

Contoh 8
Kembali contoh yang kedelapan ini bergenre kaligrafi kontemporer, terutama dari latarnya yang serasi dalam paduan warna.

Contoh 9
Tulisan lafadz basmalah pada contoh ini, masih asli tanpa variasi latar. Jenis ini cocok untuk yang suka serba minimalis.

Contoh 10
Contoh kesepuluh ini, murni beraliran kontemporer. Tak mementingkan kaidah penulisan kaligrafi, namun lebih menonjolkan estetika dan keindahan.

Nah, itu tadi 10 contoh kaligrafi lafadz basmalah yang unik dan kreatif, semoga bermanfaat bagi kita semua.