-->

Jahé Merah Mix Herbal, Minuman Kesehatan Produksi SMKN 1 Karangtengah

Dalam keadaan sakit ini, alhamdulillah ada kiriman beberapa bungkus racikan minuman berbentuk serbuk, yang diberi label, "Jahe Merah Mix Herbal" dari sahabat di SMKN 1 Karangtengah. Menurut beliau, minuman ini bagus untuk menjaga dan meningkatkan stamina tubuh apalagi saat sakit. Minuman ini enak juga, ada rasa pedas dari unsur utamanya, jahe merah dan cabe jawa. Karena sudah menikmati minuman ini, terasa nikmatnya, terenyuh hati untuk membuat review (ulasan) ala kadarnya terhadap produk "Jahe Merah Mix Herbal" ini.


Jahé Merah Mix Herbal, Minuman Kesehatan Produksi SMKN 1 Karangtengah

Minuman berbentuk serbuk untuk diseduh ini diproduksi oleh SMKN 1 Karangtengah Cianjur, Jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP), sebagai salah satu produk dari Program Pengembangan Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Tentu tujuan sederhananya, selain untuk mempraktikkan keilmuan yang sudah didapatkan, diharapkan produk "Jahe Merah Mix Herbal" ini menjadi salah satu sumber penghasilan dengan dijual kepada masyarakat sekitar.

Mengenai Jahe Merah Mix Herbal, komposisinya adalah Jahe merah, gula aren, gula pasir, cabe jawa, madu, dan habbatusauda. Jika dirunut khasiat per komponen, memunculkan fakta yang mencengangkan. Coba kita kaji manfaat komponen-komponen yang ada dalam Jahe Merah Mix Herbal.

Manfaat Jahe Merah

Gambar: Tokopedia

Menurut Perusahaan Farmasi Deltomed, Jahe merah mengandung banyak senyawa yang bermanfaat seperti shogaol, gingerol, zingeron, dan masih banyak lagi. Tak heran, jahe merah menjadi populer karena banyak bahan aktif yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Apa saja manfaat jahe merah?

1. Menghangatkan Badan

Manfaat ini muncul dari gingerol yang notabene berasa pedas, bisa menghangatkan tubuh agar lebih nyaman, apalagi dalam kondisi dingin.
 
2. Mengurangi Sakit Kepala

Karena rasanya pedas dan berefek panas, merupakan komposisi dari kamfena, jahe merah ampuh untuk meredakan sakit kepala.
 
3. Mencegah Radang Usus

Dalam jahe merah ada komponen zat aktif yang bernama zingeron. Komponen ini bermanfaat untuk menghambat produksi enzim yang dapat memicu peradangan pada sistem pencernaan.

4. Menguatkan Kekebalan Tubuh

Ekstrak jahe merah dapat mencegah dan membunuh bakteri berbahaya di dalam tubuh sehingga sistem imun akan jauh lebih kuat.

5. Mengobati Batuk

Dalam jahe merah juga terkandung minyak atsiri, yang dipercaya bisa mengatasi sakit batuk, baik untuk anak-anak maupun dewasa.

6. Mengatasi Mual & Meningkatkan Nafsu Makan

Efek jahe merah adalah menghilangkan gangguan gas pada saluran pencernaan sehingga rasa mual ketika hamil atau kemoterapi dapat teratasi dan nafsu makan bisa lebih baik.

7. Menurunkan Berat Badan

Minum pil ekstrak jahe merah bermanfaat untuk memberikan efek rasa kenyang yang lebih lama dan juga membakar kalori sehingga pas sebagai suplemen diet.

8. Menjaga Kondisi Jantung

Konsumsi jahe merah secara reguler terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida yang menjadi penyebab utama penyakit jantung.


Manfaat Cabe Jawa


Gambar: NaturaHerbal.id


Dilansir dari NaturaHerbal, ada sedikitnya 7 khasiat/manfaat dari cabe jawa untuk kesehatan, yaitu:

1. Mencegah malaria dan demam berdarah
2. Mengobati penyakit beri-beri
3. Mencegah dan mengobati penyakit anemia
4. Mengatasi sakit perut
5. Menghilangkan flu
6. Mengobati lemah syahwat
7. Menambah berat badan


Manfaat Habbatusauda (Jinten Hitam)


Gambar: hellosehat.com


Setidaknya ada 10 manfaat yang terkandung dalam Habbatussauda (Jinten Hitam/Nigella Sativa) bagi kesehatan. Ini tentu sudah melewati serangkaian uji kimiawi para ahli. Di antara manfaat-manfaat Habbatussauda adalah membantu lancarnya pencernaan, menurunkan kolesterol, memiliki sifat antikanker, melawan bakteri, mengendalikan gula darah, mencegah timbulnya jerawat, meredakan rematik, mencegah tukak (luka) lambung, dan bersifat penawar racun (selengkapnya mengenai khasiat habbatusauda bisa dibaca di sini).

Jahé Merah Mix Herbal

Jika melihat aneka manfaat/khasiyat dari komponen-komponen yang ada dalam Jahé Merah Mix Herbal, kita yakin juga bahwa produk ini sangat bermanfaat sebagai ikhtiar menjaga dan memulihkan kesehatan. Tentu semua dikembalikan kepada kehendak Allah Subhanahu wa Ta'ala, tentang sembuhnya seseorang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel