-->

Dalil Kebaikan Pengobatan dengan Berbekam (Hijamah)

Gambar dari republika.co.id

Dalil-dalil Hadits Kebaikan Pengobatan dengan Berbekam (Hijamah)
- Apa itu bekam? Bekam atau hijamah adalah pengobatan dengan mengeluarkan darah kotor dari kepala, bdan, dan anggota tubuh lainnya dengan alat bekam.

Berbekam termasuk pengobatan yang diajarkan Nabi kita, bahkan beliau pernah melakukan bekam serta memberikan upah kepada tukang bekam.

Rasulullah Shalallahu 'alaihi Wasallam bersabda:

سُئِلَ أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ عَنْ كَسْبِ الْحَجَّامِ فَقَالَ احْتَجَمَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَجَمَهُ أَبُو طَيْبَةَ فَأَمَرَ لَهُ بِصَاعَيْنِ مِنْ طَعَامٍ وَكَلَّمَ أَهْلَهُ فَوَضَعُوا عَنْهُ مِنْ خَرَاجِهِ وَقَالَ إِنَّ أَفْضَلَ مَا تَدَاوَيْتُمْ بِهِ الْحِجَامَةُ أَوْ هُوَ مِنْ أَمْثَلِ دَوَائِكُمْ

Dari Anas bin Malik r.a,(ditanya) mengenai Hijamah, beliau berkata : bahwa Sesungguhnya Rasulullah ber-bekam/hijamah dan memerintahkan keluarga beliau dan Rasulullah bersabda: Sebaik-baik pengobatan yang kalian lakukan adalah dengan Hijamah.Hadis dari Ibnu Abi Umar juga menyebutkan demikian(Shahih Muslim 1577)

Rasulullah Shalallahu 'alaihi Wasallam juga bersabda:

عَنْ أَبِي رَجَاءٍ، عَنْ سَمُرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:”أَفْضَلُ مَا تَدَاوَى بِهِ النَّاسُ الْحِجَامَةُ”. المعجم الكبير الطبراني

Dari Abi Raja’, dari Samurah r.a. berkata : bahwa Sesungguhnya Rasulullah bersabda: Sebaik-baik pengobatan yang manusia lakukan adalah dengan Hijamah. (Mu’jam Kabir – At Thabrani)

Dua Hal tentang Bekam, Wasiat Malaikat dan Waktu Terbaik untuk Berbekam

Untuk melengkapi dalil-dalil mengenai keutamaan dan kebaikan pengobatan dengan berbekam (hijamah), berikut ini ditampilkan dua hal tentang bekam. Hal pertama, adanya wasiat malaikat kepada Rasulullah Shalallahu 'alaihi Wasallam dan waktu terbaik untuk berbekam

a. Wasiat malaikat untuk berbekam

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhu, Rasulullah Shalallahu 'alaihi Wasallam bersabda:
" Tidaklah aku melewati seorang malaikat--tatkala aku di-mi'raj-kan ke langit--kecuali mereka menasihatkan: "Wahai Muhammad, lakukanlah olehmu berbekam." (Shahih: HR At-Tirmidzi no. 2053 dan Ibnu Majah no. 3477)

Dari Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu 'anhu, Rasulullah Shalallahu 'alaihi Wasallam menceritakan pada saat beliau di-isra-kan, bahwa tidaklah beliau melewati sekumpulan Malaikat kecuali mereka meminta beliau: "Perintahkanlah umatmu (kaum muslimin) untuk melakukan bekam." (Shahih: At-Tirmidzi no. 2052)

b. Waktu yang terbaik untuk berbekam

عن ابن عباس ، عن النبي صلى الله عليه وسلم ، قال : « خير يوم تحتجمون فيه سبع عشرة وتسع عشرة وإحدى وعشرين » ، قال : « وما مررت بملأ من الملائكة ليلة أسري بي إلا قالوا : عليك بالحجامة يا محمد » مسند عبد بن حميد

Dari Ibn Abbas r.a, dari Rasulullah bersabda: Sebaik-baik hari untuk Hijamah adalah pada tanggal 17, tanggal 19 dan 21.” Rasulullah SAW bersabda : “ Aku tidak diperintah oleh Para Malaikat pada Malam Isra kecuali mereka (para Malaikat) itu berkata : Kerjakan Hijamah ya Muhammad .”(Musnad Abd bin Hamid)

Rasulullah Shalallahu 'alaihi Wasallam bersabda: 
" Barangsiapa yang ingin berbekam, hendaklah ia berbekam pada tanggal 17, 19, 21 (bulan hijriyyah), maka akan menyembuhkan setiap penyakit." (Hasan: HR Abu Dawud no. 3861, Al-Hakim no. 210, dan Baihaqi IX/340)

Beliau juga bersabda:
" Sesungguhnya hari yang terbaik bagimu untuk berbekam adalah pada hari ke-17, hari ke-19, serta hari ke-21 (bulan Hijriyyah)." (Shahih: HR At-Tirmidzi no.2053)

Sedangkan mengenai hari, ada sebuah riwayat yang dikemukakan bahwasannya hari yang paling baik bagi umat Islam untuk berbekam adalah hari Senin, Selasa, dan Kamis. Sebaiknya mereka menghindari berbekam di hari Rabu, Jumat, Sabtu, dan Ahad. (Hasan: HR Ibnu Majah no. 3487)

Demikian di antara dalil-dalil tentang keutamaan berbekam (hijamah) dan waktu terbaik untuk melakukannya. Semoga menambah wawasan dan keyakinan terhadap kebenaran apapun yang disabdakan Nabi kita, Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi Wasallam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel