-->

QS Al Baqoroh (2): 126, Doa Memohon Menjadikan Negeri yang Aman dan Makmur


QS Al Baqoroh (2): 126, Doa Memohon Menjadikan Negeri yang Aman dan Makmur
- Banyak sekali doa-doa yang diajarkan Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada kaum mukminin, untuk dipergunakan sebagai permintaan kepada Allah. Salah satu doanya tercantum dalam QS Al Baqarah (2) ayat 126. Doa ini intinya adalah permohonan menjadikan negeri yang ditinggali aman dan berlimpah rezeki.

Doa dalam Al-Qur’an Surah Al Baqarah ayat 126 berbunyi:


وَإِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ رَبِّ اجْعَلْ هَذَا بَلَدًا آمِنًا وَارْزُقْ أَهْلَهُ مِنَ الثَّمَرَاتِ مَنْ آمَنَ مِنْهُمْ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ قَالَ وَمَنْ كَفَرَ فَأُمَتِّعُهُ قَلِيلا ثُمَّ أَضْطَرُّهُ إِلَى عَذَابِ النَّارِ وَبِئْسَ الْمَصِيرُ (١٢٦)

“Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berdoa: "Ya Tuhanku, Jadikanlah negeri ini, negeri yang aman sentosa, dan berikanlah rezki dari buah-buahan kepada penduduknya yang beriman diantara mereka kepada Allah dan hari kemudian. Allah berfirman: "Dan kepada orang yang kafirpun aku beri kesenangan sementara, kemudian aku paksa ia menjalani siksa neraka dan Itulah seburuk-buruk tempat kembali".

Latar Belakang Doa di QS Al Baqarah ayat 126


Pada suatu masa, ketika Nabi Ibrahim ‘alaihissalam menempati kota Mekah, keadaan negeri ini masih tandus dan terlantar. Jarang sekali orang membangun rumah untuk dijadikan tempat tinggal. Bahkan, daerah ini dijadikan sarang perampok yang sering menghadang perjalanan kabilah dagang dari utara ke selatan dan sebaliknya, yang menjadikan lembah Mekah sebagai tempat beristirahat.

Nabi Ibrahim sangat menyadari keadaan di lembah Makkah, tetapi beliau tidak pernah berputus asa untuk mengurus tempat itu. Beliau bertekad untuk menjadikan negeri yang tandus, gersang, dan tidak aman tersebut menjadi negeri yang (kelak) makmur dan aman.

Langkah pertamanya adalah dengan memohon kepada Allah Ta’ala agar menjadikan negeri Makkah aman dan berlimpah rezeki. Beliau juga mendidik anak-anaknya dengan akhlak dan iman yang baik, dan selalu menanamkan kepada mereka budi pekerti yang baik dalam pergaulan di lingkungan tempat tinggalnya.

Sebuah negeri akan menjadi aman dan berlimpah rezeki jika para penghuninya selalu menjaga pergaulan dan selalu memelihara hubungan kemsyarakatan dengan baik, serta melakukan kerjasama yang baik dalam mengelola seluruh kekayaan alam yang mereka miliki.

Doa yang dipanjatkan Nabi Ibrahim ‘alaihissalam kepada Robb-nya ini tidak hanya berlaku untuk beliau, tetapi dapat juga kita terapkan pada tempat tinggal kita masing-masing, sehingga negeri yang kita tempati menjadi negeri yang aman dan makmur. Doa ini dapat kita amalkan kapan saja dan di mana saja, terutama ketika negeri yang kita tempati ditimpa musibah dan kesulitan, atau krisis akibat dosa-dosa yang telah dilakukan penduduknya.

Doa dalam Al-Qur’an Surah Al Baqarah ayat 126

 رَبِّ اجْعَلْ هَذَا بَلَدًا آمِنًا وَارْزُقْ أَهْلَهُ مِنَ الثَّمَرَاتِ مَنْ آمَنَ مِنْهُمْ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ

Ya Tuhanku, Jadikanlah negeri ini, negeri yang aman sentosa, dan berikanlah rezki dari buah-buahan kepada penduduknya yang beriman diantara mereka kepada Allah dan hari kemudian

Diolah dari Al-Qur’an Tajwid Warna “Al-Mu’asir”, karya Ustadz Aam Amiruddin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel