-->

Blogger Gathering Bersama Qwords Indonesia: Pilih Blogspot atau WordPress?

Blogger Gathering Bersama Qwords Indonesia: Pilih Blogspot atau WordPress?- Sebuah acara digelar oleh Qwords Indonesia, sebuah perusahaan hosting dan registar domain. Selain "mempertemukan" para Blogger melalui aplikasi Zoom Meeting, juga ada sesi materi tentang plus minus dua CMS tenar, Blogspot dan WordPress. Selain ilmu, dalam Gathering tersebut ada doorprize dan diskon untuk pembelian hosting di Qwords. 



Ada dua pemateri, yang satu asli blogger yaitu Rini Novita Sari, pemilik feminim.id dan celotehdinihari.com. Sedangkan pemateri kedua, praktisi digital dari Qwords, Rojib Fauzi.

Kunci Sukses Ngeblog, "Menyempatkan Waktu" 

Ada yang menarik dari penuturan Rini Novita Sari. Perjalanan ngeblognya luar biasa, dari ngeblog serabutan tanpa konsep, hingga menemukan passion-nya, dan bahkan sekarang dia memiliki 5 karyawan yang khusus sebagai content writer untuk blog-blognya.

Dari mana menggaji karyawannya? Gadis berusia 25 tahun ini, mendapatkan uang dari ngeblognya dengan cara jasa Content Placement dari blog lain yang ingin mendapat backlink dari blognya, juga dari review produk.

Yang menarik juga dari pemateri ini adalah aktivitas rutinnya. Ia bekerja di sebuah perusahaan akuntansi, berangkat pukul 6 pagi dan pulang pukul 5 sore, ke kost nya. Namun setiap hari ia bisa membuat artikel. Maka tak aneh jika salah satu blognya, diberi nama celotehdinihari.com, karena memang artikel ditulis dini hari.

Dari aktivitas ngeblognya dengan memaksimalkan waktu tersisa, ia mampu mendapatkan penghasilan yang cukup "wah" bagi seorang anak muda.

Menurutnya, kunci kesuksesan dalam Ngeblog itu antara lain:

1. Memiliki Visi dan konsep yang jelas dalam menjalani aktivitas blogging

2. Konsisten dalam mengelola, tak gampang patah arang

3. Menyempatkan waktu untuk membuat konten secara terjadwal

Rojib Fauzi : Pilih Mana, Blogspot atau WordPress untuk ngeblog?

Sebenarnya banyak platform atau CMS (Content Management System) yang bisa digunakan untuk membuat website ataupun blog. Di antara yang banyak itu, ada yang menonjol dan banyak digunakan, yaitu WordPress dan Blogger (Blogspot). 

Kedua platform tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Dari sisi dukungan dan kepemilikan, Blogger (blogspot) tentu memiliki nilai lebih karena pemiliknya adalah Google itu sendiri. Sedangkan WordPress bersifat open source, siapapun bisa mengembangkan CMS tersebut.

Untuk rincian keunggulan dan kelemahan blogger dengan WordPress, silakan dibrowsing saja di Google, karena yang disampaikan Rojib Fauzi, sebagai salah seorang bagian di Qwords, sudah banyak dibahas oleh blogger-blogger. Intinya, semua tinggal melihat kebutuhan kita dalam blogging.

Kalau saya, ketika disuruh memilih, untuk Blog utama saya tetap di blogspot. Sedangkan blog yang lainnya menggunakan WordPress self hosted.

Muda Berkarya, yang Tua Bagaimana?

Undangan untuk mengikuti Blogger Gathering ini tak saya sia-siakan. Selain untuk menambah keilmuan dalam dunia blogging, juga menjadi salah satu pembuktian komitmen untuk serius dalam aktivitas ini. 

Yang menarik juga, blogger-blogger yang hadir sebagian besar adalah yang muda-muda, yang memiliki passion dalam dunia tulis menulis ini. Beberapa di antaranya sudah mencicipi rizki melalui Blog. 

Bagaimana blogger yang tua (seperti saya😁)? 

Jawabannya : dalam urusan blogging, tak mau kalah dengan yang muda....


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel