-->

Kopi Lanang Banyuwangi, Bisa Meningkatkan Vitalitas Lelaki. Benarkah?

 


Menikmati Secangkir Kopi Lanang, Kopi Hitam Asli Banyuwangi - Tak henti mencoba aneka rasa kopi, baik Robusta, Arabika, maupun Liberia. Kali ini mencicipi rasa kopi Robusta yang diproduksi di Banyuwangi Jawa Timur. Kopi hitam kemasan produksi industri rumahan. 

Sehabis dzuhur berjamaah, kami menikmati seduhan kopi lanang, di pinggir kolam ikan di area pelataran mesjid tercinta. Seperti biasa, hasrat menulis muncul, untuk mengulas kopi yang telah kami nikmati. 

Kopi Lanang atau istilah kerennya peaberry coffee, sepintas layaknya kopi biasa. Namun dari sisi wanginya ada perbedaan dengan kopi kemasan biasa yang beredar luas di pasaran. Saya sendiri mencium aroma yang agak beda, lebih wangi walau sedikit mirip dengan kopi Kapal Api. Perbedaan aroma ini ketika belum diseduh maupun ketika sudah diseduh. 

Kenapa disebut Kopi Lanang? 

Lanang, dalam bahasa Jawa berarti laki-laki. Disebut kopi "laki-laki" bukan berarti hanya boleh dikonsumsi kaum Adam, kaum Hawa pun yang suka kopi, boleh saja meminum kopi lanang. Biji kopi lanang berasal dari pohon kopi yang sudah berusia tua, sehingga pembuahan kopi nya tidak sempurna. Biji kopi lanang tidak terbelah sebagaimana layaknya biji kopi biasa, karena ya memang pembuahan

Penyebab utama disebut kopi lanang, mungkin karena dari bentuk biji kopinya itu sendiri, yang utuh tidak terbelah. 

Benarkah Kopi Lanang meningkatkan vitalitas Pria? 

Ada rekan yang mengatakan bahwa meminum kopi lanang, katanya, sesuai namanya, kopi ini bisa meningkatkan vitalitas kaum pria. Benarkah demikian? 

Saya tak menemukan satu Referensi pun yang membenarkan bahwa kopi lanang mampu membuat kaum pria lebih "perkasa". Yang jelas, kandungan kaféin-nya yang lebih banyak 2,1% dibanding kopi pada umumnya, sehingga rasanya lebih greget dan menyegarkan. 

Jadi, secara khusus belum ada penelitian bahwa meminum kopi lanang mampu meningkatkan Vitalitas kaum pria. 

Best Practice Meminum Kopi dan Manfaatnya

Suka minum kopi tapi badan tetap sehat, itu yang pasti kita inginkan. Lalu bagaimana caranya? 

Satu-satunya cara terbaik atau Best practice dalam meminum kopi adalah KTG alias Kopi Tanpa Gula. 

Apa saja manfaat Kopi Tanpa Gula? 

Menurut Tabloid Kontan, setidaknya ada 11 manfaat kopi tanpa gula bagi kesehatan. Tentu ini hasil dari penelitian para ahli. 

1. Meningkatkan daya ingat

Hal ini disampaikan oleh para peneliti, disebutkan mereka yang meminum kopi tanpa gula setiap harinya memiliki memori yang lebih baik. Salah satunya dalam studi melalui permainan yang melibatkan ingatan, peminum kopi hitam muncul sebagai pemenangnya dengan hasil ingatan yang lebih baik.

2. Mencerdaskan

Kopi bebas gula bisa memblokir neurotransmitter yang disebut "adenosine". Ketika kafein adenosine ini, pengaktifan saraf otak akan meningkat sehingga membantu melepaskan neurotransmiter yang bermanfaat. Pada intinya, kafein meningkatkan fungsi otak.

3. Mengandung antioksidan

Kopi diketahui sebagai salah satu sumber antioksidan terbesar. Antioksidan ini disebut sebagai quinines.

Quinines dapat membantu seseorang dalam menangani bebagai masalah kesehatan. Antioksidan lain yang ada di kopi adalah hydrocinnamic acid dan polyphenols. Mereka bisa melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

4. Meningkatkan fokus dan kewaspadaan

Kopi hitam mengaktifkan neurotransmitters yang ada di dalam otak, karena kafein menstimulasi jantung dan metabolisme tubuh peminumnya. Dengan ini, fokus otak akan semakin meningkat yang otomatis akan meningkatkan kewaspadaan Anda.

5. Mengandung vitamin dan mineral

Vitamin yang terkandung dalam kopi hitam misalnya B2, B3, dan B5. Ada juga mangan, potasium, dan magnesium.

Semuanya penting untuk memfungsikan organ tubuh secara optimal. Misalnya vitamin B2 dalam memproduksi energi, nutrisi seperti potasium dan magnesium juga berperan untuk mengontrol tekanan darah.

6. Membersihkan perut

Minum kopi tanpa gula dapat menghilangkan bakteri dan toksin dari dalam perut.

Bakteri dan toksin ini akan dikeluarkan lewat urin ketika seseorang buang air kecil. Kopi hitam juga membantu menghentikan pertumbuhan parasit jahat yang bisa menimbulkan masalah kesehatan perut.

7. Membantu menurunkan berat badan

Kopi hitam bisa meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga baik untuk dikonsumsi sebelum atau setelah berolahraga. Kopi yang disajikan dengan carar ini juga bisa membantu membakar lemak sehingga membantu menurunkan berat badan.

8. Menjaga organ hati

Kopi hitam dapat membantu menurunkan risiko tekena cirrosis hingga 80 persen. Cirrosis merupakan istilah untuk menyebut kerusakan hati kronis.

9. Meminimalisir risiko penyakit jantung

Seperti disebutkan sebelumnya, kopi hitam dapat meningkatkan metabolisme seseorang. Hal ini dapat mencegah terjadinya penumpukan lemak dan kolesterol yang menyebabkan arteri tersumbat.

Pasalnya, jika sampai arteri tersumbat dapat memicu serangan jantung. Kopi hitam juga mengurangi peradangan dalam tubuh yang menjadi penyebab lain dari kardiovaskular.

10. Mengurangi risiko diabetes

Meminum kopi hitam dapat meminimalisir risiko seseorang terkena diabetes tipe 2. Fakta ini ditunjukkan dalam sebuah studi dari Harvard, bahwa peminum kopi memiliki peluang 11 persen lebih rendah dari mengalami diabetes tipe 2.

Itu berlaku bagi orang yang mengonsumsi kopi hitam lebih dari 1 cangkir dalam seharinya.

11. Membantu mencegah kanker

Dengan minum dua cangkir kopi hitam setiap harinya dapat mencegah terjadinya kanker, karena kopi memiliki kandungan anti-kanker yang akan meminimalisasi risiko tumbuhnya sel-sel penyakit mematikan ini.

Sementara itu, artikel dalam laman heart.org juga membenarkan manfaat yang dihadirkan oleh segelas kopi hitam.

Bagaimana kawan, sudah siap meminum kopi tanpa gula? 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel