-->

Dzikir Masuk dan Keluar Rumah - Lengkap Teks Arab, Terjemah, dan Dalilnya

Dzikir Masuk dan Keluar Rumah - Lengkap Teks Arab, Terjemah, dan Dalilnya - Ketika memasuki rumah, disunnahkan mengucapkan bismillah, memperbanyak dzikir kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala, serta mengucapkan salam. Ada beberapa bacaan dzikir yang disunnahkan ketika masuk dan keluar rumah, berdasarkan hadits-hadits Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam.


1. Dzikir kepada Allah Ketika Masuk Rumah

Berdasarkan hadits Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi Wasallam,

اِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللّهَ عِنْدَ دُخُوْلِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ لَامَبِيْتَ لَكُمْ وَلَا عَشَاءَ

" Apabila seseorang hendak memasuki rumah, kemudian ia berdzikir kepada Allah ketika masuk dan ketika makan, maka setan berkata (kepada teman-temannya): 'Tidak ada tempat bermalam dan tidak ada jatah makan malam bagi kalian." (HR Muslim No. 2018)

Berdzikir yang dimaksud, yaitu dengan mengucapkan :

بَسْمِ الَّلهِ

" Dengan Nama Allah (aku masuk rumah)." ( HR muslim)


2. Mengucapkan Salam

Allah Ta'ala berfirman:

فَاِذَا دَخَلْتُمْ بُيُوْتًا فَسَلِّمُوْا عَلٰٓى اَنْفُسِكُمْ تَحِيَّةً مِّنْ عِنْدِ اللّٰهِ مُبٰرَكَةً طَيِّبَةً ۗ

Apabila kamu memasuki rumah-rumah hendaklah kamu memberi salam (kepada penghuninya, yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, dengan salam yang penuh berkah dan baik dari sisi Allah. ... (QS An-Nur :61)

3. Berdoa Ketika Keluar Rumah

Yaitu dengan mengucapkan,

بَسْمِ الَّلهِ تَوَكَّلْتُ عَلَی الَّلهِ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاالَّلهِ

" Dengan Nama Allah (aku keluar). Aku bertawakkal kepada Allah,btidak ada daya dan upaya kecuali karena pertolongan Allah." 

Maka dikatakan kepadanya, "Engkau telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dijaga." Dan setan pun menjauh. (HR Abu Dawud dan at-Tarmidzi)

Atau dengan membaca,

اَلّلَهُمَّ اِنّيْ اَعُوْذُ بِكَ اَنْ اَضِلَّ اَوْ اُضَلَّ اَوْ أَزِلَّ اَوْ أُزَلَّ اَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَيَّ

" Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu, jangan sampai aku sesat atau disesatkan (oleh setan atau orang yang berwatak setan), berbuat kesalahan atau disalahi, tergelincir atau digelincirkan orang, menganiaya atau dianiaya (orang), dan berbuat bodoh atau dibodohi." (HR abu Dawud)

Demikian pembahasan singkat mengenai dzikir-dzikir ketika masuk dan keluar rumah, yang dicontohkan oleh Baginda Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi Wasallam. Semoga kita termasuk muslim yang bersemangat menjalankan sunnah-sunnah beliau.

Wallahu a'lam.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel