-->

Shalawat Syifa - Lengkap Lafal Arab, Latin, Terjemah, dan Faedahnya

Shalawat Syifa atau yang dikenal juga dengan istilah shalawat Thibbil Qulub, memiliki pengertian: syifa (obat) dan thibbil qulub (pengobat hati). Kedua pengertian ini bisa disimpulkan bahwa shalawat syifa adalah shalawat (yang diharapkan) menjadi ikhtiar menjemput kesembuhan dari penyakit, atau penjagaan dari penyakit.


Secara umum, kita disyariatkan untuk bershalawat kepada Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wasallam.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman dalam salah satu ayat Al Qur'an:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya:

Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah untuknya dan bersalamlah dengan sebenar-benar salam.“ (QS. Al-Ahzab: 56)

Dalam ayat tersebut, Allah Subhanahu wa Ta'ala memberi keistimewaan terhadap shalawat. Sebagai muslim, kita memahami keutamaan shalawat, sehingga sering kita mendawamkan membacanya. Membaca shalawat, selain karena diperintahkan dalam nash, namun juga termasuk salah satu bentuk kecimtaan kepada Baginda Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wasallam.

Di kalangan masyarakat, terdapat aneka macam lafal shalawat.  

Shalawat-shalawat tersebut redaksinya ada yang berasal dari sabda Nabi yang mulia, maupun redaksi shalawat susunan para ulama. 

Shalawat Syifa atau Shalawat thibbil Qulub

Salah satu redaksi shalawat yang disusun oleh ulama, adalah shalawat syifa atau thibbil qulub. Shalawat syifa ini terkenal di kalangan masyarakat muslim. Bahkan banyak yang membacanya dengan lantunan syair yang menarik.

Jika Anda penasaran, seperti apa lirik/lafadz shalawat syifa, berikut lafal lengkapnya, plus transliterasi Latin dab terjemahnya dalam Bahasa Indonesia.

أَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ الأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ الأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلَى آَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Transliterasi Latin:
Allohumm sholli 'ala sayyidina Muhammadin, tibbil quluubi wa dawaa-iha, wa 'aafiyatil abdaani wa syifa-iha, wa nuuril abshoori wa dliyaa-iha, wa 'ala aalihi wa shahbihi wa sallim."

Terjemah Shalawat Syifa:

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada baginda kami Nabi Muhammad yang menjadi obat dan penyembuhan hati, penyehat dan penyelamat badan, cahaya dan sinar penglihatan, dan limpahkan kepada keluarga dan sahabat-sahabatnya, dan berilah kesejahteraan."

Faedah Shalawat Syifa:

Shalawat Syifa sangat terkenal dan sering dibaca kaum muslimin, apalagi di saat pandemi Covid-19 ini. Mengapa demikian? Karena sesuai namanya, shalawat ini diyakini menjadi ikhtiar menjempit kesembuhan bagi suatu penyakit yang diderita.

Catatan:

Terlepas dari silang pendapat antara yang membolehkan membaca shalawat ini, yang menghukumi sunnah, bahkan ada yang menghukuminya sebagai amaliah bid'ah. Postingan ini sekedar berbagi bagi siapa yang belum tahu tentang Shalawat Syifa.

Adapun pengamalan ataupun tidaknya, pada akhirnya tergantung keyakinan Anda. Wallahu a'lam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel