-->

Cara Meruqyah Sendiri Anggota Tubuh dengan Sentuhan

Jika kita sakit, tentu kita berikhtiar untuk menjemput kesembuhan. Aneka cara bisa dilakukan dalam pengobatan, namun tentu sebagai kaum beriman, halal dan haram di dalam pengobatan, menjadi pertimbangan utama. Salah satu cara pengobatan adalah dengan ruqyah.

Ruqyah ini bisa dilakukan sendiri jika kita sakit. Atau dikenal dengan istilah ruqyah mandiri. Bagaimana caranya?

Cara Meruqyah Sendiri Anggota Tubuh dengan Sentuhan

Berdasarkan hadits riwayat Muslim, letakkan tangan pada bagian tubuh yang sakit, lalu ucapkan:

بِسْمِ الّٰلهِ، بِسْمِ الّٰلهِ، بِسْمِ الّٰلهِ

Dengan menyebut nama Allah, dengan menyebut nama Allah, dengan menyebut nama Allah

Lalu ucapkan doa (7 Kali),

أَعُوْذُ بِعِزَّةِ الّٰلهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّمَا أَجِدُ وَأُحَادِرُ

"Aku berlindung kepada keperkasaan Allah Dan kekuasaan-Nya dari kejahatan yang kutemukan dan yang kukhawatirkan."

Atau dengan membaca do'a-do'a perlindungan, di antaranya Surah Al Falaq dan An-Naas, kemudian meniupkannya atau mengusapkannya pada anggota tubuh yang sakit.

أَنَّ النّبِيَّ ﷺ كَانَ إِذَا اشْتَكَی يَقْرَأُ عَلَی نَفْسِهِ بِا لمُعَوَّذَاتِ وَيَنْفُثُ فَلَمَّا اشْتَدَّ وَجَعُهُ كُنْتُ أَقْرَأُ عَلَيْهِ وَأَمْسَحُ عَنْهُ بِيَدِهِ رَجَاءَ بَرَكَتِهَا

"Apabila Nabi Shalallahu 'alaihi wasallam menderita sakit, beliau membacakan Al-Mu'awwidzat (Al Falaq, Annaas) untuk dirinya sendiri, lalu beliau meniupkannya. Dan ketika sakitnya memuncak, aku yang membacakannya pada beliau, Dan mengusapkan dengan menggunakan tangan beliau guna mengharap keberkahannya." (HR Bukhari no. 4629 dan Muslim no. 4066)

Al Imam An-Nawawi berkata, "Sesungguhnya mu'awwidzat ini dapat digunakan sebagai ruqyah, karena di dalamnya terkandung seluruh permohonan pertolongan dari segala sesuatu yang tidak disenangi, baik secara global maupun rinci.

Di dalamnya terdapat permohonan perlindungan dari segala kejahatan yang telah diciptakan, perlindungan dari tukang tenung, perlindungan dari tukang sihir, perlindungan dari orang-orang dengki, perlindungan dari syaitan-syaitan yang tersembunyi. Dan Allah Yang Maha Mengetahui."

Begitulah salah satu cara yang diajarkan Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam dalam meruqyah diri sendiri ketika sakit. Semoga kita digolongkan ke dalam golongan yang mencintai dan mengamalkan sunnah baginda Nabi.

Sumber:
Buku "Menyingkap Jin & Dukun Hitam Putih Indonesia", karangan Ustadz Irfan Ramadhan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel