Doa Mohon Pertolongan Menghadapi Orang Jahat

Illustrasi Freepik

Kali ini saya akan membahas Doa Mohon Pertolongan Menghadapi Orang Jahat, dilengkapi teks doa dari Al-Qur'an, terjemah dan mulahazhah-nya. Semoga ini menjadi panduan bagi kita untuk memohon kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dijauhkan dari orang jahat beserta keburukan tabiatnya.

Doa mohon pertolongan menghadapi orang jahat ini diambil dari Al-Qu'an, yaitu Surah Al-Ankabut (29) ayat 30, yang berbunyi:

رَبِّ انْصُرْنِيْ عَلَى الْقَوْمِ الْمُفْسِدِيْنَ

Ya Tuhanku, tolonglah aku (dengan menimpakan azab) atas golongan yang berbuat kerusakan itu.”

Mulahazhah:

Nabi Luth a.s setelah sekian lama melaksanakan tugas berdakwah menydarkan umat, di samping ada yang taat, banyak sekali yang ingkar dan berbuat kerusakan termasuk istrinya sendiri. Demi kelangsungan dakwah dan bebnnya dari berbagai gangguan maka beliau memohon kepada Allah agar di tempat di mana beliau berdakwah, dibersihkan dari orang-orang yang zalim.

Maka tidak lama Allah kabulkan permohonannya dengan menurunkan hujan batu bercampur tanah menghancurkan kota dan penduduknya termasuk istrinya, kecuali orang-orang yang beriman.

Hal ini menujukkan bahwa hubungan kekeluargaan akan abadi jika diikat dengan akidah tauhid. Tanpa ikatan ini betapapun akrabnya kekeluargaan semasa di dunia, tidak lama lagi akan menjadi permusuhan.

Hubungan di akhirat tidak sama dengan hubungan di dunia. Maka hendaklah kita senantiasa menjalin hubungan di dunia ini dengan ikatan akidah tauhid, diisi dengan ibadah dan dihiasi dengan akhlak yang mulia sesuai contoh Rasulullah.

Tadabbur:

Ya Allah,Ya Rahman. Keluarga adalah amanat yang harus aku jaga dan kupelihara. Ya Allah, aku hamba-Mu yang sangat lemah dalam menjaga diri sendiri, apalagi memelihara keluarga yang sering kutinggalkan, dan aku tidak mampu memantau mereka dari kejauhan.

Ketika aku sedang berada di tengah-tengah mereka aku tidak mampu memberi contoh yang terbaik bagi mereka, apalagi ketika aku jauh dari mereka. Ya Allah, hanya kepada Engkjau aku titipkan keluargakju, sungguh Engkau senantiasa melihat keadaan mereka, sungguh Engkau Maha Mengetahui saemua hal yang akan mengganggu mereka

Tantangan demikian berat aku hadapi dalam memelihara keluarga ini. Perusak akidah semakin meningkat, perusak akhlak terus tersebar di mana-mana, tanpa pemeliharaan-Mu ya Allah, siapa yang akan menyelematkan keluargaku. Aku tidak mampu menyelematkan mereka.

Janganlah Engkau biarkan keluargaku tergoda oleh gangguan syaitan, janganlah Engkau biarkan keluargaku menjadi sasaran kemaksiatan. Janganlah Engkau biarkan mereka mengikuti orang-orang yang hancur akhlak dan bejat moralnya.

Ya Allah, janganlah Engkau biarkan aku melihat mereka pada hari kiamat dalam siksaan. Berilah aku kenikmatan melihat mereka dalam surga pada hari pembalasan. Pertemukanlah aku dengan mereka di bawah bendera Rasul-Mu pada hari kemudian. Aamiin Ya Robb.


Deni Kurnia
Deni Kurnia Seorang Pembelajar, tak Lebih