-->

Doa Memohon Kebajikan untuk Tempat Tinggal dan Pekerjaan

Doa mohon kebajikan tempat tinggal dan pekerjaan

Ketika kita menempati suatu tempat tinggal, kita berharap agar tempat itu tempat yang diberkahi. Ketika kita menduduki jabatan tertentu, kita pun berharap agar kedudukan itu penuh dengan kebajikan. Sebuah harapan siapapun agar tempat tinggal dan pekerjaannya ada dalam keberkahan dan penuh kebajikan. 

Maka, selain ikhtiar-ikhtiar Syar'i dijalankan, doa pun dipanjatkan dalam banyak kesempatan, Doa Memohon Kebajikan untuk Tempat Tinggal dan Pekerjaan. 

Doa ini didasarkan atas kisah perjuangan dakwah Nabi Nuh a.s. Sebelum kita baca dan hayati tadabburi doa mohon kebajikan atas tempat tinggal dan pekerjaan, ada baiknya kita membaca sekilas kisah Nabi Nuh a.s.

Nabi Nuh a.s. seorang figur yang gigih berjuang dengan penuh kesabaran meski hasilnya sangat jauh dari yang diharapkan. 

Sembilan ratus lima puluh tahun beliau berdakwah tidak mendapat sambutan dari umatnya kecuali hanya beberapa orang saja. Padahal dakwah beliau dibimbing oleh wahyu langsung dari Allah. 

Sekiranya keberhasilan dakwah seseorang diukur dengan jumlah pengikut, maka Nabi Nuh dapat dipandang sebagai orang yang gagal dalam berdakwah. Karena dakwah adalah perjuangan suci maka tidak ada yang berhak menilai kecuali Yang Mahasuci. Dan hasilnya akan diketahui setelah tiba hari pembalasan.

Ketika banjir besar, Allah timpakan kepada umat yang membangkang dan ingkar kepada risalah-Nya. Nabi Nuh sebagai pembawa risalah bersama sejumlah kecil dari pengikutnya menaiki bahtera. 

Ketika bahtera tersebut mendarat sementara orang-orang yang menentangnya habis dilanda banjir yang sangat besar tiada bandingan baik dengan banjir sebelum atau sesudahnya.

Ini adalah merupakan salah satu tanda Allah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu agar pelajaran bagi umat sesudahnya.

Doa Memohon Kebajikan untuk Tempat Tinggal dan Pekerjaan dari Al Qur'an 

رَّبِّ اَنْزِلْنِيْ مُنْزَلًا مُّبٰرَكًا وَّاَنْتَ خَيْرُ الْمُنْزِلِيْنَ

Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkahi, dan Engkau adalah sebaik-baik pemberi tempat.”

(QS Al Mu'minun ayat 29) 

Tadabbur Doa Memohon Kebajikan untuk Tempat Tinggal dan Pekerjaan 

Ya Allah, Pencipta Semesta Alam, telah Kau ciptakan langit dan bumi untuk tempat tinggal manusia. Dan Kau Maha Mengetahui di mana aku berada. 

Ya Allah, berilah aku barakah dari hadirat-Mu di manapun Kau tempatkan aku. Berilah aku kenikmatan beribadah kepada-Mu di mana saja aku berada. 

Jadikanlah tempat ini sebagai tempat yang mendorong aku untuk selalu khusuk dalam sujud dan ruku kepada-Mu dan jadikanlah tempat ini sebagai pusat kegiatan beramal yang selalu meningkatkan kualitas penghambaan diriku ke hadirat-Mu dan membuat aku menjadi orang yang bermanfaat bagi manusia. 

Sungguh Telah Engkau berikan kepada hamba-hamba-Mu terdahulu bimbingan dalam mengisi kehidupan mereka sehingga mereka menjadi hamba-Mu yang taat kepada-Mu, maka jadikanlah aku menjadi hamba-Mu yang taat melaksanakan tugas sebagai hamba dan khalifah di muka bumi ini, sungguh hanya Engkaulah yang berkuasa memberiku tempat yang layak bagiku.

Ya Allah, perkenankan doaku. 

Catatan:
Teks doa dinukil dari Buku Munajat Bersama Al Qur'an, karya Ustadz Saiful Islam Mubarak, terbitan CV Lanadin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel