Inilah Doa Agar Bisa Melunasi Hutang, Shahih Diajarkan Rasulullah SAW

Bagi anda yang sedang memiliki hutang, dan mencari Doa Pelunas Hutang, atau doa agar bisa melunasi hutang, atau doa Pelunas hutang sesuai sunnah, semoga artikel ini bisa bermanfaat, dan doa agar bisa melunasi hutang ini, bisa diamalkan. 

Doa agar bisa melunasi hutang ini diajarkan Rasulullah SAW, termaktub dalam Sunan Tirmidzi, dalam Bab Doa, No. Hadits: 3486. 

Hadits tentang Doa agar bisa melunasi hutang - doa Pelunas hutang

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ أَخْبَرَنَا يَحْيَى بْنُ حَسَّانَ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ إِسْحَقَ عَنْ سَيَّارٍ عَنْ أَبِي وَائِلٍ عَنْ عَلِيٍّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ

أَنَّ مُكَاتَبًا جَاءَهُ فَقَالَ إِنِّي قَدْ عَجَزْتُ عَنْ كِتَابَتِي فَأَعِنِّي قَالَ أَلَا أُعَلِّمُكَ كَلِمَاتٍ عَلَّمَنِيهِنَّ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَوْ كَانَ عَلَيْكَ مِثْلُ جَبَلِ صِيرٍ دَيْنًا أَدَّاهُ اللَّهُ عَنْكَ قَالَ قُلْ اللَّهُمَّ اكْفِنِي بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِي بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ

Terjemah hadits 

Telah menceritakan kepada kami, Abdullah bin Abdurrahman⁽¹⁾ telah mengabarkan kepada kami Yahya bin Hassan⁽²⁾ telah menceritakan kepada kami Abu Mu'awiyah⁽³⁾ dari Abdurrahman bin Ishaq⁽⁴⁾ dari Sayyar⁽⁵⁾ dari Abu Wail⁽⁶⁾ dari Ali⁽⁷⁾ radliallahu 'anhu, bahwa seorang budak mukatab (yang mengadakan perjanjian pembebasan dengan tuannya) datang kepadanya dan berkata; aku tidak mampu membayar pembebasanku, maka tolonglah aku! 

Ali berkata; maukah aku ajarkan kepadamu beberapa kalimat yang telah Rasulullah ﷺ ajarkan kepadaku, yang seandainya engkau memiliki hutang sebesar gunung Shir niscaya Allah akan membayarkannya untukmu? 

Ali berkata; ucapkanlah; ALLAAHUMMAKFINII BIHALAALIKA 'AN HARAAMIK, WA AGHNINII BIFADHLIKA 'AMMAN SIWAAK

(Ya Allah, cukupkanlah aku dengan kehalalanMu sehingga tidak memerlukan keharamanMu, dan jadikanlah aku kaya sehingga tidak butuh kepada selainMu). 

Abu Isa berkata; hadis ini adalah hadis hasan gharib.

Pendapat Ulama tentang hadits ini

M.Nasiruddin al-Albani: Hasan
Abu Thahir Zubair 'Ali Zai: Hasan

Doa agar bisa melunasi hutang - doa Pelunas hutang yang sesuai sunnah

اللَّهُمَّ اكْفِنِي بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِي بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

ALLAAHUMMAKFINII BIHALAALIKA 'AN HARAAMIK, WA AGHNINII BIFADHLIKA 'AMMAN SIWAAK 

Ya Allah, cukupkanlah aku dengan kehalalanMu sehingga tidak memerlukan keharamanMu, dan jadikanlah aku kaya sehingga tidak butuh kepada selainMu

Catatan Kaki

(1) Abdullah bin 'Abdur Rahman bin Al Fadlol bin Bihram, As Samarqandiy Ad Darimiy, Abu Muhammad, Tabi'ul Atba' kalangan pertengahan, wafat tahun 255 H.

(2) Yahya bin Hassan bin Hayyan, Al Bakriy At Tunisiy, Abu Zakariya, Tabi'ut Tabi'in kalangan biasa, wafat tahun 208 H, hidup di Maru, wafat di Maru.

(3) Muhammad bin Khazim, At Tamimiy As Sa'adiy, Abu Mu'awiyah, Adl Dluraior, Tabi'ul Atba' kalangan tua, wafat tahun 195 H, hidup di Kufah.

(4) Abdur Rahman bin Ishaq bin Al Harits, Al Anshariy Al Wasithiy, Abu Syaibah, Tabi'ut Tabi'in kalangan tua, hidup di Kufah.

(5) Sayyar bin Abi Sayyar Wardan, Al 'Anbariy, Abu Al Hakam, Tabi'in (tdk jumpa Shahabat), wafat tahun 122 H, hidup di Hait, wafat di Hait.

(6) Syaqiq bin Salamah, Al Asadiy, Abu Wa'il, Tabi'in kalangan tua, wafat tahun 82 H, hidup di Kufah.

(7) Ali bin Abi Thalib bin 'Abdu Al Muthallib bin Hasyim bin 'Abdi Manaf, Al Hasyimiy, Abu Al Hasan, Abu Turab, Shahabat, wafat tahun 40 H, hidup di Kufah, wafat di Kufah.
Deni Kurnia
Deni Kurnia Seorang Pembelajar, tak Lebih