Sejarah Shalat: Shalat Para Nabi Terdahulu

Kali ini kita akan membahas mengenai shalat para nabi terdahulu. Salah satu hal yang menunjukkan akan agungnya ibadah shalat yang diperintahkan oleh Allah kepada orang-orang yang beriman adalah, bahwa shalat merupakan ibadah yang Allah syariatkan pula kepada para Nabi dan Rasul terdahulu.


Sebelum turunnya perintah shalat kepada Nabi, Allah telah mensyariatkan shalat kepada para Nabi dan Rasul terdahulu. Mereka diperintahkan mendirikan shalat sebagaimana perintah shalat yang didirikan oleh kaum muslimin pada umumnya. Namun, mengenai tata cara, waktu, dan hal lainnya tidak disebutkan secara rinci. 

Diantara dalil yang menunjukkan akan hal itu diantaranya adalah:

Adapun tentang shalatnya Nabi Ibrahim, Allah menyebut Nabi Ibrahim, ketika meninggalkan Nabi Isma'il di lembah yang tidak ada orang sama sekali, beliau bermunajat kepada Allah yang diabadikan dalam Al-Quran, beliau berkata:

رَبَّنَآ اِنِّيْٓ اَسْكَنْتُ مِنْ ذُرِّيَّتِيْ بِوَادٍ غَيْرِ ذِيْ زَرْعٍ عِنْدَ بَيْتِكَ الْمُحَرَّمِۙ رَبَّنَا لِيُقِيْمُوا الصَّلٰوةَ فَاجْعَلْ اَفْـِٕدَةً مِّنَ النَّاسِ تَهْوِيْٓ اِلَيْهِمْ وَارْزُقْهُمْ مِّنَ الثَّمَرٰتِ لَعَلَّهُمْ يَشْكُرُوْنَ

"Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan berilah rezeki kepada mereka dari buah-buahan, supaya mereka bersyukur."(QS Ibrahim: 37)

Ibrahim tidak menyebut amalan-amalan apapun selain shalat, yang ini menunjukkan tidak ada amalan yang paling utama seperti shalat. Demikian juga Allah Swt berfirman:

وَاِذْ بَوَّأْنَا لِاِبْرٰهِيْمَ مَكَانَ الْبَيْتِ اَنْ لَّا تُشْرِكْ بِيْ شَيْـًٔا وَّطَهِّرْ بَيْتِيَ لِلطَّاۤىِٕفِيْنَ وَالْقَاۤىِٕمِيْنَ وَالرُّكَّعِ السُّجُوْدِ

"Dan (ingatlah), ketika Kami memberikan tempat kepada Ibrahim di tempat Baitullah (dengan mengatakan): "Janganlah kamu mempersekutukan sesuatupun dengan Aku dan sucikanlah rumah-Ku ini bagiorang-orang yang thawaf dan orang-orang yang beribadah dan orang-orang yang ruku' dan sujud."(QS Al Hajj: 26)

Begitu pula disebutkan dalam firman Allah Swt, doa Nabi Ibrahim .

رَبِّ اجْعَلْنِيْ مُقِيْمَ الصَّلٰوةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِيْۖ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاۤءِ

"Ya Tuhanku, jadikanah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat. Ya Tuhan kami perkenankanlah doaku."(QS Ibrahim: 40) 

Tentang shalatnya Nabi Isma'il, Allah Swt berfirman:


وَاذْكُرْ فِى الْكِتٰبِ اِسْمٰعِيْلَ ۖاِنَّهٗ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُوْلًا نَّبِيًّا ۚ

وَكَانَ يَأْمُرُ اَهْلَهٗ بِالصَّلٰوةِ وَالزَّكٰوةِۖ وَكَانَ عِنْدَ رَبِّهٖ مَرْضِيًّا

"Dan ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka) kisah Isma'il (yang tersebut) di dalam Al-Quran. Sesungguhnya ia adalah seorang yang benar janjinya dan dia adalah seorang Rasul dan Nabi. Dan ia menyuruh keluarganya untuk shalat dan menunaikan zakat dan ia adalah seorang yang diridhai di sisi Rabbnya."(QS Maryam: 54-55)

Allah Swt berfirman tentang Nabi Syu'aib ketika melarang kaumnya menyembah sesembahan selain Allah  dan mencegah dari berbuat curang dalam masalah timbangan, maka kaumnya berkata:

"Hai Syu'aib, apakah shalatmu menyuruh kamu agar kami meninggalkan apa yang disembah oleh bapak-bapak kami atau melarang kami memperbuat apa yang kami kehendaki tentang harta kami. Sesungguhnya kamu adalah orang yang sangat penyantun lagi berakal."(QS Hud: 87)

Di dalam ayat tersebut terdapat dalil bahwa kaum Nabi Syu'aib tidak mengetahui amalan apapun yang paling agung yang dapat mengusik mereka kecuali shalat. (7)

Nabi Musa yang disebut dengan Kalimurrahman (orang yang diajak bicara oleh Allah ), sesungguhnya perintah pertama yang Allah perintahkan kepadanya setelah tauhid adalah shalat. Allah Swt berfirman:

"Maka dengarkanlah apa yang akan diwahyukan (kepadamu). Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku."(QS. Thaha: 13-14)

Hal ini menunjukkan agungnya ibadah shalat karena Allah Swt menyebutkan dan mendahulukan amalan ibadah yang lain sebelum shalat.

Demikian pula perintah Allah Swt kepada Nabi Musa agar memerintahkan kaumnya untuk shalat. Allah berfirman:

"Dan Kami wahyukan kepada Musa dan saudaranya: "Ambillah beberapa buah rumah di Mesir untuk tempat tinggal bagi kaummu dan jadikanlah rumah-rumahmu itu qiblat (tempat shalat) dan dirikanlah shalat serta berikanlah berita gembira untuk orang-orang yang beriman."(QS. Yunus: 87)

Tentang shalatnya Nabi Daud, Allah menyampaikan ketika Nabi Daud ingin bertaubat dan kembali kepada Allah , beliau tidak memiliki cara selain dengan mendirikan shalat.

"Maka ia meminta ampun kepada Rabbnya lalu menyungkur sujud dan bertaubat. "(QS. Shad: 24)

Adapun shalatnya Nabi Sulaiman , maka Allah menybutkan bahwa Nabi Sulaiman pernah terlambat menunaikan shalat Ashar disebabkan kuda-kuda beliau, kemudian beliau menyesal hal tersebut.

 "Dan Kami karuniakan Sulaiman kepada Daud,dia adalah sebaik-baik hamba. Sesungguhnya dia amat taat (kepada Tuhannya). (Ingatlah) ketika dipertunjukkan kepada Sulaiman kuda-kuda yang tenang di waktu berhenti dan cepat berlari pada waktu sore. Maka ia berkata, "Sesungguhnya aku menyukai kesenangan terhadap barang yang baik (kuda) hingga melalaikan diriku dari mengingat Tuhanku sampai kuda itu tertutup dari pandangan." (la berkata), "Bawalah kuda-kuda itu kembali kepadaku!" Lalu ia menebas kaki dan lehernya." (QS. Ash-Shad: 30-33)

Ibnu Katsir berkata, "Banyak ulama ahli tafsir yang menyebutkan bahwa Nabi Sulaiman tersibukkan dengan penampilan kuda-kuda yang dimilikinya hingga terlewatkan waktu shalat Ashar. Dan yang pasti, beliau tidak meninggalkan shalat Ashar dengan sengaja, akan tetapi karena lupa. Sebagaimana Rasulullah 5 disibukkan dengan penggalian parit pada waktu perang Khandaq dari shalat Ashar, hingga beliau mendirikan shalatnya setelah terbenamnya matahari."(Tafsir Ibnu Katsir 7/65) 

Adapun shalatnya Nabi Zakaria, maka Allah berfirman:  

"Kemudian Malaikat (Jibril) memanggil Zakariya, sedang ia tengah berdiri melakukan shalat di mihrab. " (QS.Ali-Imran:39)

Tentang shalatnya Nabi Yunus , Allah Swt berfirman:

"Maka kalau sekiranya dia tidak termasuk orang-orang yang bertasbih berbangkit."kepada Allah, niscaya ia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari kianat (QS. Ash-Shaffat: 143-144) 

Sebagian salaf menafsirkan "bertasbih" dengan "mengerjakan shalat".

Ibnu 'Abbas berkata, "Termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat".

Begitu pula yang dikatakan Sa'id bin Jabir, Qatadah, dan sebagainya."(Tafsir Ath-Thabari 21/109)



Adapun shalatnya Nabi 'Isa *, maka diantara mukjizat beliau adalah dapat berbicara meskipun beliau masih dalam gendongan. Dan diantara yang beliau ucapkan:

"Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi. Dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup."(QS. Maryam: 319-31)

Allah Swr berfirman menerangkan para Nabi dari kalangan Bani Isra'il:

" Dan sesungguhnya Allah telah mengambil perjanjian (dari) Bani Israil dan telah Kami angkat diantara mereka dua belas orang pemimpin dan Allah berfirman: "Sesungguhnya Aku beserta kamu, sesungguhnya jika kamu mendirikan shalat dan menunaikan zakat serta beriman kepada rasul-rasul-Ku."(QS. Al Maidah:12)

Allah Swt menyebutkan para Nabi satu persatu dan mensifati mereka diantaranya dengan shalat, Allah Swt berfirman:

"Mereka itu adalah orang-orang yang telah diberi nikmat oleh Allah, yaitu para nabi dari keturunan Adam dan dari orang-orang yang Kami angkat bersama Nuh dan dari keturunan Ibrahim dan Israil dan dari orang-orang yang telah Kami beri petunjuk dan telah Kami pilih. Apabila dibacakan ayat-ayat Allah Yang Maha Pemurah kepada mereka, maka mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis."(QS. Maryam: 58)

Yang dimaksud dengan bersujud tersebut adalah shalat. Karenanya setelah itu Allah berfirman tentang kaum setelah para nabi yang tidak shalat sebagaimana para nabi. Allah Swt berfirman:

"Kemudian datanglah setelah mereka pengganti yang mengabaikan shalat dan mengikuti hawa nafsunya, maka mereka kelak akan tersesat. "(QS. Maryam: 59)

Wallahu A’lam.

Referensi : Bekal Shalat, Panduan Lengkap Sifat Shalat Nabi SAW, karya Dr. Firanda Andirja, Lc., MA
Deni Kurnia
Deni Kurnia Seorang Pembelajar, tak Lebih