Bagaimana Cara Bersisir Rasulullah SAW? - Hadits At-Tirmidzi

Bagaimana Cara Bersisir Rasulullah SAW? - Hadits At-Tirmidzi. Sahabat, kita lanjutkan seri mengenal Rasulullah dalam hal fisik beliau, dan bagaimana cara beliau merawat fisiknya. Posting sebelumnya, kita sudah mengetahui tentang rambut Rasulullah. Edisi kali ini tentang Bagaimana Cara Bersisir Rasulullah SAW,  berdasarkan hadits-hadits yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi. 

Secara garis besar, pembahasanya meliputi Bagaimana cara bersisir Rasulullah, Rasulullah SAW jarang menyisir rambut, Rasulullah melarang bersisir, berdasar hadits At Tirnidzi.

Bagaimana Cara Bersisir Rasulullah SAW? - Hadits At-Tirmidzi

Cara Bersisir Rasulullah Shalallahu 'alaihi Wasallam 

Hadits 1

Dalam suatu riwayat, 'Aisyah r.a. mengungkapkan :

كنت أرجل رأس رسـول اللہ ﷺ وأنا حائض

"Aku pernah menyisir rambut Rasulullah saw., padahal aku sedang haidl".

(Diriwayatkan oleh Ishaq bin Musa al-Anshari dari Ma'an bin 'Isa, dari Malik bin Anas, dari Hisyam bin 'Urwah, dari bapaknya yang bersumber dari 'Aisyah r.a.).

Hadits 2

Dalam suatu riwayat yang bersumber dari Anas bin Malik r.a. dikemukakan:

كان رسول اللہ ﷺ يكثر دهن رأسه ، وتسريح لحيته، ويكثر القناع ، حتى كأن ثوبه ثوب زيات

Rasulullah saw. sering meminyaki rambutnya, menyisir janggutnya dan sering waktu menyisir rambutnya, beliau menutupi (bahunya) dengan kain kerudung. Kain kerudung itu demikian berminyak seakan-akan kain tukang minyak. 

(Diriwayatkan oleh Yusuf bin 'Isa, dari Waki', dari Rabi' bin Shabih, dari Yazid bin Aban ar-Raqasyi), yang bersumber dari Anas bin Malik r.a.).

Hadits 3

Ummul Mu'minin 'Aisyah r.a. mengungkapkan :

إن كان رسول اللہ ﷺ ليحب التيمن في طهوره إذا تطهر وفي ترجله إذا ترجل ، وفي انتقاله إذا أنتعل . 

"Sesungguhnya Rasulullah saw. menyenangi mulai bersuci dari anggota badannya yang sebelah kanan, juga ketika bersisir dan ketika memakai sandal".

(Diriwayatkan oleh Hanad bin as-Sirri, dari Abul Ahwash, dari Asy'ats bin Abis-Sya'tsa dari bapaknya, dari Masruq, yang bersumber dari 'Aisyah r.a.).

Hadits 4

'Abdullah bin Mughaffal r.a. berceritera :

نهى رسول اللہ ﷺ عن الترجل إلا غبا .

"Rasulullah saw. melarang bersisir kecuali sekali-kali."

(Diriwayatkan oleh Muhammad Basyar, dari Yahya bin Sa'id, dari Hisyam bin Hasan, dari al-Hasan Bashri, yang bersumber dari Abdullah bin Mughaffal r.a.)

Catatan: Yang dilarang ialah bersisir seperti wanita pesolek.

Hadits 5

Seorang shahabat Nabi (tidak disebut namanya) pernah mengatakan:

أن النبي ﷺ كـان يترجل عبا .

"Sesungguhnya Rasulullah saw. jarang-jarang saja bersisir".

(Diriwayatkan oleh Hasan bin 'Urfah, dari 'Abdus Salam bin Harb, dari Yazid bin Abi Khalid, dari Abil 'Ala al-Audi, dari Humaid bin Abdurrahman, yang bersumber dari salah seorang sahabat Nabi saw.).

Deni Kurnia
Deni Kurnia Seorang Pembelajar, tak Lebih