Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Jitu Agar Mengajar Selalu Menarik

Anda guru, sedang mencari referensi cara mengajar yang menarik? Ataukah Anda sedang berupaya menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai profesionalitas guru dalam mengajar? In syaa Allah artikel tentang 9 Cara Jitu Agar Mengajar Selalu Menarik ini akan menjadi salah satu jawabannya. 

Bagi saya, menjadi seorang guru adalah sebuah anugerah dari Allah SWT. Betapa tidak, guru memiliki tugas yang mulia untuk "memanusiakan manusia", menanamkan pemahaman kepada peserta didik tentang pentingnya keilmuan, urgensinya kearifan dalam lisan dan perbuatan, serta memberikan bimbingan kepada peserta didik untuk menguasai "life skill", keterampilan yang berguna bagi masa depannya.

Pertanyaannya, dalam prosesnya, bagaimana cara agar pembelajaran yang kita lakukan tetap menarik tanpa mengesampingkan tujuannya. Berikut ini sebuah artikel yang akan mencoba menjawab pertanyaan di atas. Selamat membaca!

9 Cara Jitu Agar Mengajar Selalu Menarik


1. Masukkan Sebuah Misteri ke Pelajaran Anda 

Belajar mungkin merupakan hal yang paling menyenangkan bagi siswa Anda ketika mereka tidak tahu apa yang diharapkan. Cobalah untuk memasukkan sebuah "surprise" dan misteri ke dalam pelajaran Anda. Ketika Anda akan mengungkap pelajaran baru, beri siswa petunjuk baru setiap hari hingga hari terakhir sebelum dimulainya pelajaran. Ini adalah cara yang menyenangkan untuk menjadikan pelajaran Anda misterius, dan Anda mungkin mendapati bahwa siswa Anda benar-benar menantikan untuk mengetahui apa yang akan mereka pelajari selanjutnya.

Dalam artian, buatlah kejutan-kejutan dan hal-hal tak terduga, yang membuat siswa akan senantiasa penasaran.


2. Jangan Ulangi Materi Pembelajaran 

Memang penting untuk mengulas materi sebelumnya, sebagai langkah apersepsi. Tetapi cobalah untuk tidak mengulanginya kata demi kata karena ini dapat membuatnya kurang menarik bagi siswa. Jika harus mengulang, bisa dengan memainkan game untuk menyajikan informasi dengan cara yang berbeda dari yang pertama. 

Game 3-2-1 adalah cara yang menyenangkan untuk meninjau dan tidak mengulangi materi. Untuk kegiatan ini, siswa menggambar piramida di buku catatan mereka dan menuliskan tiga hal yang mereka pelajari, dua hal yang menurut mereka menarik, dan satu pertanyaan yang masih mereka miliki.


3. Buat Permainan ataupun Ice Breaking Selama Pembelajaran

Bagi Anda berusia 5 hingga 25 tahun, bermain game bisa menyenangkan. Game juga merupakan cara yang bagus untuk membuat pelajaran tetap menarik. Permainan membuat belajar menjadi menyenangkan, dan permainan di kelas adalah resep untuk anak-anak menjadi bahagia. Macam-macam permainan bisa dibaca  di Download Macam-macam Ice Breaking Game untuk Pelatihan atau Pembelajaran


4. Berikan Pilihan kepada Siswa Anda

Salah satu strategi yang bisa dilakukan guru, dan ternyata efektif, adalah menawarkan siswa mereka kemampuan untuk membuat pilihan sendiri ketika belajar. Pilihan dapat menjadi motivator yang kuat karena membantu menumbuhkan minat dan kemandirian siswa. Juga dengan disodorkan pilihan, suasana interaktif dan komunikatif, akan terbangun. Pilihan dimaksud, tentu sesuai perencanaan kita sebagai guru yang tertuang dalam RPP.

Misal,  suatu ketika Anda merencanakan suatu kegiatan, cobalah membuat papan pilihan. Buat papan pilihan dan tuliskan sembilan tugas berbeda untuk diselesaikan siswa. Tujuannya adalah agar setiap siswa memilih tiga tugas berturut-turut.


5. Gunakan Teknologi

Menggunakan teknologi adalah cara yang efektif untuk membuat pelajaran Anda tetap menarik. Anak-anak menyukai elektronik, jadi cobalah memasukkannya ke dalam strategi pengajaran Anda secara keseluruhan, ataupun sebagian. Prakteknya bisa dengan tayangan, powerpoint, media internet, TV, dan sejenisnya. Sambil tetap dipertahankan suasana interaktif dan fokus bahwa siswa adalah subjek pengajaran.


6. Serius tapi Santai

Menjadi guru yang efektif adalah sesuatu yang penting, tetapi itu tidak berarti bahwa Anda harus selalu serius di kelas, setiap saat sepanjang pembelajaran. Cobalah sedikit mengendur dan mengakui bahwa siswa Anda mungkin memiliki minat dan gaya belajar yang berbeda dari minat Anda. Boleh saja menertawakan diri sendiri dan bersenang-senang. Anda mungkin menemukan bahwa siswa Anda lebih tertarik ketika Anda sedikit lebih santai.


7. Jadikan Pembelajaran yang Interaktif

Mengajar secara tradisional, guru berdiri di depan ruangan dan memberi ceramah kepada siswa, dan siswa mendengarkan dan mencatat. Sayangnya, ini bukan cara yang paling efektif untuk menarik minat siswa. Jadikan pembelajaran interaktif  yang melibatkan siswa setiap langkah selama pembelajaran. 

Prakteknya, bisa Anda gunakan aktivitas pembelajaran kooperatif Jigsaw di mana setiap siswa bertanggung jawab atas bagiannya sendiri dari aktivitas kelompok. Atau coba percobaan sains langsung. Ketika Anda melibatkan siswa dan menjadikan pelajaran Anda interaktif, kelas Anda menjadi lebih menarik.


8. Hubungkan Materi dengan Kehidupan Siswa Anda

Ini dikenal dengan model Contextual Learning, yang menghubungkan dunia nyata dengan apa yang dipelajari siswa Anda. Ini akan memberi mereka pemahaman yang lebih baik tentang mengapa mereka perlu mempelajari apa yang Anda ajarkan. Jika mereka terus-menerus bertanya kepada Anda mengapa mereka perlu belajar sesuatu dan Anda selalu menjawab dengan "karena," Anda akan segera kehilangan kredibilitas. 

Sebaliknya, cobalah memberi mereka jawaban nyata seperti, "Anda belajar tentang uang karena di dunia nyata, Anda harus tahu cara membeli makanan dan membayar tagihan Anda." Dengan memberikan jawaban langsung, Anda membantu mereka membuat koneksi antara apa yang mereka pelajari di kelas dan bagaimana mereka akan menggunakan informasi ini di masa depan.


9. Berpikir Kreatif dan Berbeda (Think Outside the Box)

Pembelajaran tidak harus selalu mencakup lembar kerja di mana siswa duduk dan mencatat berulang kali. Cobalah berpikir sedikit kreatif dan rencanakan pelajaran yang benar-benar luar biasa. Misal, mengundang pembicara tamu (mungkin kakak kelas siswa yang berprestasi), melakukan kunjungan lapangan, atau belajar di luar ruangan. 

Ketika Anda mencoba sesuatu yang baru dan berbeda, ada peluang yang bagus bahwa siswa Anda akan merespons secara positif. Saat merencanakan pelajaran, cobalah berkolaborasi dengan guru lain atau membawa siswa Anda dalam perjalanan lapangan virtual. Pembelajaran yang melibatkan siswa adalah yang paling efektif. Siswa Anda akan merasa lebih menarik untuk belajar ketika Anda mempresentasikan materi kepada mereka dalam berbagai cara kreatif.

Penutup

Sebagai guru yang berhasrat meningkatkan kompetensi dan profesionalitas dalam setiap aspek, salah satnya dalam mengajar, tentu akan berusaha untuk belajar dan terus belajar. Kemampuan guru dalam mengajar yang mendekati ideal, menjadikan tujuan pembelajaran lebih besar kemungkinannya untuk tercapai.
Terima kasih sudah membaca artikel 9 Cara Jitu Agar Mengajar Selalu Menarik. Bagi saya, ini juga menjadi pemacu dan pemicu untuk senantiasa meningkatkan kompetensi. Bagi Anda? Semoga saja sama.

Ingin membaca versi bahasa Inggris-nya, silakan cek DI SINI.

Deni Kurnia
Deni Kurnia Guru, Blogger, dan Seorang Pembelajar

Posting Komentar untuk "9 Cara Jitu Agar Mengajar Selalu Menarik"