3 Alasan Ganti domain dari Gurudakwah.web.id Menjadi Abufadli.com

Abufadli.com - Sebenarnya, blog ini awalnya bernama gurudakwah.web.id, dirilis akhir 2018 lalu, sampai sekarang baru berumur 3 bulan kurang. Dan hari ini, saya memutuskan untuk menggantinya dengan domain baru, yaitu www.abufadli.com. Mengapa harus berganti domain ke dot com? Mungkin itu salah satu pertanyaan yang ada di benak sahabat.

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, izinkan saya bercerita. Dari tahun 2015, saya sudah mengelola beberapa blog dengan domain yang berbeda. Mulai dengan nama diaf.web.id, denikurnia.net, denikurnia.com ( untuk blog ini satu tahun, mencapai 850 artikel ), sahabatpai.web.id, dan terakhir kemarin, gurudakwah.web.id. Dua blog terakhir hingga kini masih eksis. Kembali ke pertanyaan, apa alasan berganti domain dari web.id ke dot com? Menurut pengalaman yang saya rasakan, ada perbedaan mendasar dari kedua domain tersebut. Tidak berdasar pada segmentasi wilayah, namun ini pengalaman dari segi pengunjung dan kemunculan di halaman pertama Google. Mungkin hal ini berbeda dengan asumsi para ahli.

Baca juga4 Langkah Mudah Mengganti Template Blog Melalui HP Android

Alasan Ganti domain dari Gurudakwah.web.id Menjadi Abufadli.com
Kembali ke pokok bahasan, apa Alasan Ganti domain dari Gurudakwah.web.id Menjadi Abufadli.com? Berikut pengalaman saya :

1. Ketika mengelola blog dengan domain web.id (diaf.web.id), blog susah berkembang. Oftimasi dilakukan sedemikian rupa, namun tetap traffic sulit menembus angka sesuai harapan. Begitu juga dengan blog sahabatpai.web.id. Namun berbeda kasus dengan blog denikurnia.com. Waktu itu dalam 3 bulan, pengunjung perhari bisa menembus 3000 tayangan ( angka yang lumayan untuk ukuran blogger pemula), bahkan ranking Alexa bisa bertengger di angka 700 ribu.

Kesimpulan saya : domain dot com lebih bisa dioftimasi dibanding domain web.id (web dot id)

Baca juga : Surah Qaf dan Pengelompokkan Surah-surah Al Qur'an

2. Gurudakwah.web.id, terasa ada "pagar" pembatas bagi blog yang dikelola secara personal. Artinya, semuanya harus bernilai dakwah, walau memang demikianlah tujuan saya ngeblog. Dengan domain baru, abufadli.com, saya akan lebih bebas bercerita, berkisah, memposting opini tentang apa saja yang menyangkut hajat hidup khalayak, dan tentu, lebih privat. Tentu ini pun dalam bingkai dakwah bil qolam, dakwah melalui tulisan.

Baca juga : Dakwah, Kemuliaan dan Tantangannya

3. Alasan terakhir, saya berharap dengan perubahan domain ini, berubah pula paradigma saya dalam ngeblog. Jargon, Silaturahmi, Opini, dan Berbagi, semoga terealisasi. Hadirnya blog sederhana ini setidaknya memberi warna dan memperkaya khazanah ke-Islaman kita, tentu dari sudut pandang yang serba sederhana.

Baca juga : Buku wajib, Ancaman Imperialisme Kuning

Demikian 3 Alasan Ganti domain dari Gurudakwah.web.id Menjadi Abufadli.com.

Happy blogging,
www.abufadli.com

Belum ada Komentar untuk "3 Alasan Ganti domain dari Gurudakwah.web.id Menjadi Abufadli.com"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel